Spesifikasi Lengkap dan Harga Kamera Sony A5000 Terbaru

Harga Kamera Sony A5000 – Jika berbicara tentang produsen sensor kamera terbaik, Sony merupakan salah satu jajaran vendor yang masuk di dalamnya. Tak hanya untuk lini sensornya saja, perusahaan asal Jepang ini juga memiliki sederetan kamera dengan kualitas gambar jempolan, salah satunya yaitu Sony Alpha A5000. Dengan harga kamera Sony A5000 yang begitu wajar sebanding spesifikasi teknisnya, membuat kamera ini banyak dicari oleh para pecinta fotografi.

Kamera besutan Sony yang memiliki teknologi hampir sama dengan Sony A6000 ini merupakan tergolong kamera mirrorless. Layaknya saudaranya tersebut, A5000 dibekali dengan sensor gambar Exmor APS HD CMOS beresolusi 20,1 MP, processor BionZ-X yang dipadukan dengan autofocus hybrid sehingga mampu mengikuti pergerakan obyek foto dengan baik.

Harga Kamera Sony A5000
Harga Kamera Sony A5000

Spesifikasi Lengkap Kamera Sony A5000

Berikut ini Spesifikasi Lengkap Kamera Sony A5000 yang bakal menunjang jepretan anda semakin top:

Body

Dengan body yang lumayan mungil, Sony A5000 menjadi kamera yang memiliki berat paling ringan diantara seri lainnya, yakni hanya sekitar 233gr atau sekitar 399gr dengan lensa kit beserta baterai yang telah terpasang. Tak sedikit pihak yang mengira jika Sony A5000 merupakan kamera compact karena body mininya.

Kualitas Gambar dan Layar

Dengan harga kamera Sony A5000 yang sudah sangat sesuai untuk perangkat kamera entry level, kamera ini memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan kamera DSLR. Dalam paket pembelian, Sony A5000 dibekali dengan lensa 16-50mm f/3.5-5.6 OIS yang mampu menghasilkan kualitas gambar menakjubkan dengan resolusi maksimal hingga 5456×3632 pixel.

Dengan adanya sensor BionZ X yang tertanam, kamera ini mampu menghasilkan jepretan sempurna dengan kecepatan foto 2,5 foto hanya dalam satu detik saja. Absennya teknologi auto fokus phase detection dari perangkat ini nampaknya bisa sedikit terbantu dengan hadirnya Auto Object Framing yang memungkinkan kamera bisa mengambil fokus secara detail. Dengan disematkannya kemapuan ISO yang lumayan tinggi yakni 100-16000, pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan kualitas foto dengan intensitas cahaya sekitar.

Untuk segi kualitas video recording, Sony A5000 telah mendukung hasil output rekaman berkualitas full HD yakni dengan resolusi 1080p. Pergerakan juga akan terasa lembut dengan kemampuan 60fps yang tentu sangat nyaman di mata.

Sony A5000 juga dibekali dengan layar untuk menunjang pengguna dalam memantau tampilan dari hasil jepretan sekaligus untuk mempermudah navigasi. Layar Sony A5000 memiliki ukuran lebar 3 inci dengan dukungan touchscreen hingga 460.800 titik. Hal unik lainnya yang membuat layar kamera ini memiliki fungsionalitas lebih yaitu kemampuannya yang dapat diputar 180 derajat.

Sony A5000 Kit 16-50mm Hitam
Sony A5000 Kit 16-50mm Hitam

Baterai

Layaknya kamera mirrorless kebanyakan, daya tahan baterai yang dimiliki oleh Sony A5000 ini relatif cepat terkuras habis. Hal ini mungkin wajar, mengingat baterai yang disematkan hanya berkapasitas 1100 mAh dari NP-FW50 battery. Kemungkinan besar, satu baterai hanya mampu mendukung untuk sekitar 200an pengambilan foto.

Bagi pengguna yang ingin membawanya untuk pemotretan intensif, semisal dokumentasi dengan durasi panjang atau liputan, sangat disarankan untuk membawa baterai cadangan agar kegiatannya tidak terganggu.

Konektivitas

Untuk mempermudah penggunanya dalam menghubungkan kameranya dengan perangkat perangkat lain, Sony membekali A5000 dengan fitur Bluetooth dan juga NFC yang memungkinkan pengguna dapat melakukan transfer file dengan cepat.

Kinerja

Untuk kinerja kamera, kamera sony A5000 pada startup-nya hingga siap untuk meotret membutuhkan waktu sekitar 3 – 5 detik. Namun setelah kamera mungil ini ‘on’, maka anda akan merasakan sensasi kecepatan yang baik.

Setelah kita dapatkan objek jepretan dengan format RAW, untuk menampilkan hasil foto di layar LCD butuh durasi waktu sekita 1-2 detik saja.

Sementara untuk kecepatan operasi kamera khususnya autofokus sangat cepat untuk kelas kamera mirrorless pemula. Pihak sony sendiri menyatakan bahwa kamera ini memiliki kecepatan auto fokus 0.07 detik sedikit lebih lambat dari A6000 yang mengklaim 0.06 detik.

Anda akan merasakan kecepatan autofokus yang sangat cepat ketika sedang mengoperasikannya. Namun, saat memotret dengan bukaan yang kecil (f/8-f/16), atau di kondisi yang sangat gelap, sistem autofokus berubah menjadi contrast detect yang jauh lebih lambat dan sering “hunting” (deteksi fokus bolak balik).

Kualitas gambar

Sebagai fotografer kita tentu mengharapkan kinerja yang memiliki kualitas tinggi. Kamara Sony A5000 ini sama dengan kamera-kamera sony pada umumnya yang memiliki warna-warna yang sangat vibrant (cerah/hidup).

Saat dilakukan pengujian pengambilan gambar pada spot-spot yang cukup terang hingga kurang cahaya, maka kamera ini cukup mempuni. Misal pada ruangan dengan lampu neon di dalam kantor, ISO 3200 masih cukup bagus dan noise tidak terlalu banyak yang terlihat. Di lapangan, dalam kondisi cahaya yang gelap, seperti malam hari, kualitas dan ketajaman foto masih baik sampai ISO 1600.

Kualitas gambar mulai menurun karena munculnya noise yang cukup banyak di ISO 3200-6400, baik yang bintik-bintik maupun warna (chroma noise). Detail banyak yang hilang saat mengunakan ISO 12800 dan 25600 dan noise sangat banyak.

Beberapa foto di ISO tinggi terlalu oversharpened (terlalu dipaksa tajam) sehingga muncul artifact yang bergerigi saat di zoom 100%. Yang saya cukup kagum adalah integritas warna masih cukup baik dan tidak pudar/berubah sampai dengan ISO 12800. Amannya, foto dengan ISO 1600 atau lebih rendah jika tidak terpaksa.

Apps

Untuk menunjang pemotretan yang sempurna, sony A5000 ini dipadukan dengan beberapa Apps penunjang. Anda bisa menggunakan Motion shoot, timelapse, light shaft, focus bracketing, smart remote. dll. Sebagian gratis, sebagian bebayar. Kabar baiknya, kita bisa mendonwl**d aplikasi untuk kita pasangkan di kamera sehingga kamera kita akan mendapat tambahan fitur baru, dan Apps juga akan sangat memudahkan kita mendapatkan hasil yang unik tanpa harus mengedit di software.

Q and A seputar Kamera Sony A5000

Berikut ini beberapa pertanyaan yang mungkin muncul terkait kamera ini:

 

  • Tanya: Garansi Kamera Sony A5000 nya gimana? Dan berapa lama garansinya?
  • Jawab: Kamera Mirrorless Sony A5000 ini bergaransi Resmi (servis) Sony Indonesia, selama 1 tahun.
  • Tanya: Apa kelebihan kamera Sony A5000?
  • Jawab: Sensor 20MP, wifi & NFC.
  • Tanya: Apakah layar touchscreen & bisa diputar?
  • Jawab: Layar belum touchscreen & layar bisa diputar buat selfie.
  • Tanya: Apakah bisa dipasang microphone external?
  • Jawab: Belum bisa, tidak ada port untuk memasang microphone external.
  • Tanya: Lensa Kamera Sony A5000 bisa dilepas diganti gak?
  • Jawab: Iya, lensa bisa dilepas dari body kamera atau lensa bisa diganti dengan lensa sony e-mount.
  • Tanya: Apakah sudah termasuk lensa 16-50mm atau hanya body only?
  • Jawab: Iya, sudah termasuk lensa kit 16-50mm.
  • Tanya: Berapa ukuran diameter filter buat lensa 16-50mm OSS?
  • Jawab: 40.5mm.
  • Tanya: Apakah arti OSS pada lensa Sony?
  • Jawab: OSS (Optical Steady Shot) merupakan fitur agar pada saat pengambilan gambar ataupun video dapat lebih stabil karena meredam getaran maupun gerakan-gerakan kecil yang tidak diinginkan.

Fitur Kamera Sony A5000 Hitam

  • 20.1MP Exmor APS HD APS-C CMOS Sensor
  • BIONZ X Image Processor
  • 3.0″ 460.8k-Dot Tilting LCD Monitor
  • Full HD 1080 Video at 60i & 24p
  • Built-In Wi-Fi Connectivity with NFC
  • Hand-Held Twilight Mode and ISO 16000
  • 25-Point Contrast Detection Autofocus
  • Continuous Shooting up to 3.5 fps
  • Photo Creativity and Picture Effects
  • Sony 16-50mm f/3.5-5.6 OSS Zoom Lens

Spesifikasi penting lainnya: wifi built in, layar LCD dengan resolusi 460k yang selain tilt juga bisa ditekuk ke arah depan sehingga kita bisa memotret selfie dengan mudah, flash pop up dan juga toko app dari Sony sehingga kita bisa menginstal applikasi ala smartphone. Untuk lensa, Sony A5000 bisa menggunakan jajaran lensa E mount, sekitar 20 lensa tersedia untuk kamera ini, belum termasuk beberapa lensa premium buatan Carl-Zeiss.

Harga Kamera Sony A5000

Mengingat Sony sengaja memasarkan kamera A5000 untuk pasar kelas entry level, jadi tak heran jika harga bandrol kamera ini lumayan terjangkau untuk spesifikasi yang ditawarkan. Kamera ini tersedia dalam tiga varian warna berbeda, yakni black, silver, dan white. Untuk harga kamera Sony A5000 sendiri, saat ini dibandrol sekitar 5,5 jutaan. Sedang penambahan berupa kit lensa harganya bervariasi mulai dari 6,4 hingga 8,3 jutaan.

Gravatar Image
Mimpi kita hari ini adalah kenyataan hari esok. Beranilah bermimpi agar esok kita lebih berarti!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *